SERUNYA AGUSTUSAN DI MI TARBIYATUNNASYIIN PACULGOWANG


 Bulan Agustus merupakan hari ulang tahun kemerdekaan bangsa Indonesia, oleh karena itu setiap bulan Agustus warga diseluruh tanah Indonesia semangat dalam menyambut hari ulang tahun kemerdekaan Republik Indonesia.berbagai macam pernak-pernik hiasan dipasang untuk menambah kemeriahan hari ulang tahun kemerdekaan. pemasangan bendera merah putih merupakan hal utama dalam menyambut hari ulang tahun kemerdekaan. beraneka warna-warni atribut agustusan dipasang menjadikan tambah meriah bulan Agustus.


kemeriahan Agustusan di Indonesia tidak hanya sebatas hiasan-hiasan semata, tetapi banyak dari masyarakat Indonesia memeriahkan dengan kegiatan-kegiatan bermanfaat, seperti bakti sosial, doa bersama, seminar atau perlombaan-perlombaan yang tentunya mempunyai cirikhas tersendiri antara satu daerah dengan daerah lainnya.


Pada tahun 2022 ini merupakan tahun pertama kita diberi izin melaksanakan kegiatan yang menghadirkan orang banyak, setelah kurang lebih 3 tahun kemarin tidak diperbolehkan oleh pemerintah akibat pandemi covid 19. seluruh masyarat Indonesia menyambut dengan gembira dengan mengadakan berbagai acara dan perlombaan, tak terkecuali MI Tarbiyatunnasyiin 1 dan 2 Paculgowang Jombang juga mengadakan berbagai acara dalam memeriahkan Agustusan dalam rangka memperingati hari ulang tahun kemerdekaan Indonesia yang ke 77.


1. Rally sepeda hias


Mengusung tema HUT RI yang ke 77 MI Tarbiyatunnasyiin 1 dan 2 Paculgowang Jombang mengadakan rally sepeda hias. rally sepeda hias ini dipilih sebagai implementasi dari kegiatan pembelajaran di MI Tarbiyatunnasyiin 1 dan 2 yakni siswa siswi diajarkan pengembangan kreatifitas yang dimiliki siswa siswi sesuai dengan bakat masing-masing sehingga diharapkan menjadi pribadi yang mandiri dengan berkepribadian yang islami. kegiatan ini diikuti oleh seluruh warga MI Tarbiyatunnasyiin 1 dan 2, siswa siswi, guru, karyawan hingga kepala madrasah ikut serta dalam meramaikan kegiatan ini. seluruh siswa siswi antusias dalam mengikuti rally sepeda hias ini, terlihat dari hiasan sepeda yang digunakan terlihat bagus dan indah dengan berhiasan warna merah putih sesuai tema HUT RI yang ke 77.


pada kegiatan rally sepeda hias tahun ini rute yang diliwati adalah 3 desa yakni desa Jatirejo, desa Sumoyono dan desa Dempok dengan jarak tempuh sekitar 5 km. dengan penuh semangat seluruh peserta alhamdullillah seluruh rute dapat dilalui dengan lancar tanda ada halangan. rally sepeda hias ini diakhiri dengan pengundian kupon peserta sebagai doopres dan penentuan juara terbaik 1, 2 dan 3 hiasan sepeda peserta dan penyerahan hadiah yang diberikan langsung oleh kepala madrasah.


2. Santunan Anak Yatim

 

Bulan Agustus tahun ini bertepatan dengan bulan Muharam pada kalender hijriyah. Bulan Muharam merupakan tahun baru bagi umat Islam. dalam bulan maharam terdapat keistimewaan-keistimewaan  didalamnya. Bulan muharam termasuk kedalam empat bulan yang dimulyakan "Al-Asyhur al-Hurum", pada bulan Muharam ini umat Islam disunahkan melakukan ibadah puasa yakni tanggal 9 Muharam "Tasyua" dan tanggal 10 Muharam "Asyura". selain disunahkan berpuasa umat Islam juga dianjurkan untuk menyantuni anak yatim pada hari kesepuluh. berdasarkan keterangan tersebut MI Tarbiyatunnasyiin mengadakan santunan anak yatim dimana dana yang disalurkan kepada anak yatim berasal dari seluruh warga madrasah Ibtidaiyah Tarbiyatunnasyiin yang dikumpulkan secara sukarela. Dalam acara ini pengisi acara melibatkan Murid-murid MI Tarbiyatunnasyiin yang bertujuan mengasah kemampuan dan mental siswa siswi agar mempunyai keberanian untuk tampil menunjukkan bakatnya dihadapan orang banyak.



3. Gerak Jalan

Gerak jalan merupakan kegiatan yang hapir selalu diadakan setiap bulan Agustus. Dalam gerak jalan terdapat banyak pelajaran yang dapat kita ambil, salah satunya kekompakan tim dalam melakukan gerakan, berjalan selalu beriringan satu sama lain. Hal ini dapat menjadi pelajaran bagi kita bagaimana kekompakan atau persatuan itu penting agar kita dapat berjalan beriringan dalam mengisi kemerdekaan, mempertahankan serta membawa bangsa ini lebih maju. Pada tahun ini MI Tarbiyatunnasyiin mengikuti kegiatan gerak jalan se kecamatan Diwek yang diadakan oleh Badan Koordinasi Madrasah ibtidaiyah (BKMI) kecamatan Diwek. Rute yang dilalui sejauh 4,2 km dengan start dari lapangan parkir kawasan makam Gus Dur dan finis di lapangan kecamatan diwek Kabupaten Jombang. Pada kegiatan tahun ini kami mengirimkan 4 regu perwakilan, 2 regu putra dan 2 regu putri. dari 4 regu yang mengikuti kegiatan gerak jalan se kecamatan tahun ini alhamdulilah 3 regu mendapatkan juara, 1 regu putra mendapatkan juara harapan 3, 1 regu putri mendapatkan juara 2 dan satu regu puri lagi mendapatkan juara harapan 2.


Demikian kegiatan Agustusan di MI Tarbiyatunnasyiin paculgowang Jombang. semoga kegiatan seperti ini dapat menumbuhkan rasa cinta kita semua terhadap bangsa Indonesia. dan semoga Madrasah Ibtidaiyah Tarbiyatunnasyiin paculgowang Jombang semakin jaya.

 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Contoh Soal Mabadhi Fiqih juz 2 bab Hukum Islam dan Sholat

CONTOH SOAL ALALA KELAS 3 MI SEMESTER 1

Contoh Soal - Soal Ujian Madrasah MI Tahun 2022