KEGIATAN PONDOK RAMADHAN DI MIS DARUL HIKMAH BANDUNGSARI

 KEGIATAN PONDOK RAMADHAN DI MIS DARUL HIKMAH BANDUNGSARI



Ramadhan tiba Ramadhan tiba marhaban yaa Ramadhan marhaban yaa syahru shiyam. Datangnya bulan Ramadhan selalu ditunggu tunggu oleh seluruh umat islam diseluruh dunia. bermacam macam cara dilakukan dalam menyambut bulan suci Ramadhan ini. Tidak ketinggalan juga bagi satuan pendidikan untuk menyambut kedatangan bulan Ramadhan, salahsatunya tingkat Madrasah Ibtidaiyah.


Salah satu program tahun bagi setiap madrasah adalah pondok Ramadhan. Seperti di MIS Darul Hikmah Bandungsari selalu melaksanakan pondok Ramadhan setiap tahunnya.


Materi yang diberikan pada kegiatan pondok Rramadhan  di MIS Darul Hikmah Bandungsari adalah materi-materi keagamaan yang telah dipilih disesuaikan dengan karakteristik MIS Darul Hikmah Bandungsari. Materi pada kegiatan pondok Ramadhan di MIS Darul Hikmah Bandungsari disampaikan oleh bapak/ibu guru pengajar di MIS Darul Hikmah Bandungsari. Kegiatan pondok ramadhan bertujuan untuk meningkatkan karakter siswa dalam bidang keagamaan, serta diharapkan mampu membentuk peserta didik menjadi generasi islami ditengah pesatnya kemajuan zaman sekarang ini.


Beberapa kegiatan yang dilaksanakan pada saat pondok Ramadhan:


Materi Agamaan

Materi Agamaan disini menyangkut materi tentang Fiqih, seperti bab Sholat, bab Puasa, bab Thoharah dan lain sebagainya. Materi ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan siswa dalam penguasaan materi Fiqih ibadah keseharian yang harus dilaksanaan bagi kita sebagai umat islam


Tadarus Alqur'an

Tadarus alqur'an dilaksanakan setelah melaksanaan Sholat Dhuha berjamaan. Kegiatan ini diharapkan agar peserta didik di MIS Darul Hikmah Bandungsari lebih lancar dalam membaca Alqur'an dan sebisa mungkin untuk mengamalkannya.


Kultum

kultum diberikan setelah melaksanakan Sholat Dhuha. bertujuan untuk meningkatkan motivasi siswa dalam melaksanakan perintah Allah SWT dan menjauhi segala larangan Allah AWT.


Pengumpulan dan Pembagian Zakat Fitrah

Pengumpulan zakat fitrah dari siswa siswi MIS Darul Hikmah Bandungsari dilakukan oleh bapak/ibu guru sebagai panitia pengumpulan zakat pada lingkungan madrasah setempat, dilanjutkan pembagian zakat fitrah kepada masyarakat penerima zakat disekitar lingkungan madrasah.


Khataman Al-qur'an dan Kirim Doa

Khataman alqur'an dan kirim doa dijadikan kegiatan diakhir kegiatan pondok Ramadhan, dalam pembacaan khataman Al-qur'an dibagi kepada seluruh warga  madrasah, mulai dari kepala madrasah, guru, tenaga kependidikan hingga siswa mendapatkan bagian, sehingga pembacaan khataman alqur'an dapat terlaksana dan khatam sesuai dengan jadwal yang telah ditentukan



Buka Bersama

Sebagai puncak dari kegiatan pondok Ramadhan di MIS Darul Hikmah Bandungsari adalah kegiatan buka bersama. dengan menu sederhana tetapi cukup bergizi menjadikan kegiatan buka bersama dapat terasa nikmat.


Ini adalah keseruan kegiatan pondok Ramadhan di Madrasah kami MIS Darul Hikmah Bandungsari.

Semoga pada Ramadhan tahun yang akan datang kegiatan pondok Ramadhan dapat terlaksana lebih baik lagi, sehingga dapat terwujud menjadi Madrasah Hebat Bermartabat!.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Contoh Soal Mabadhi Fiqih juz 2 bab Hukum Islam dan Sholat

CONTOH SOAL ALALA KELAS 3 MI SEMESTER 1

Contoh Soal - Soal Ujian Madrasah MI Tahun 2022