7 CARA MENUMBUHKAN MOTIVASI BELAJAR ANAK

 


seorang anak dapat berhasil dalam beberapa hal tidak hanya dipengaruhi oleh kemampuan akademik dan intelektual anak, terkadang juga dapat dari bagaimana orang tua menumbuhkan motivasi mereka.

motivasi merupakan kekuatan besar seseorang untuk meraih apa yang diinginkan. dan bagi seorang anak motivasi yang paling besar berasal dari orang tua mereka.

orang tua harus pintar-pintar dalam memberikan motivasi kepada anak. hal 7 yang perlu dilakukan orang tua agar dapat menumbuhkan semangat belajar anak


1. belajar sambil bermain

anak -anak tidak dapat terlepas dari bermain, karena bermain adalah dunia mereka sebenarnya. kita sebagai orang tua harus pintar-pintar mencarikan permainan yang didalamnya terdapat edukasi pembelajaran, yang tentunya disesuaikan denga tingkat usia anak.

belajar sambil bermain menjadikan anak lebih semangat. dengan permainan penyampaian edukasi terhadap anak juga lebih enak karena anak lebih semangat dalam mengkutinya.

2. berkreasi dan berkarya

terkadang anak akan merasa bosan jika kita ajak belajar yang sifatnya kontekstual saja, yang pada akhirnya anak akan meminta berhenti karena bagi mereka itu tidak menarik.

jadi kita sebagai orang tua harus bagaimana anak semangat dalam belajar.

ajak anak kita melakukan sesuatu yang dapat menghasilkan sebuah karya. disini kita harus melakukan praktik yang menggunakan perangkat nyata sehingga anak bosan dalam mengikutinya.

belajar dengan menggunakan alat peraga dapat membuat sesuatu lebih seru bagi anak daripada hanya sekedar penjelasan semata.

3. jangan terpaku pada nilai dan hasil

belajar merupakan proses dari tidak tau menjadi tau, jadi kita tidak boleh manargetkan berlebihan kepada anak dari proses belajar itu sendiri.

memberikan target nilai kepada anak yang tidak mempunyai kemampuan itu sendiri dapat membuat beban dan stres terhadap anak dan akhirnya akan muncul malas belajar bagi anak.

kita harus mengajarkan kapada anak bahwa yang terpenting dalam belajar adalah proses untuk terus belajar dan mencari tau, sedangkan hasil adalah sebuah efek dari sebuah usaha yang kita lakukan secara terus menerus.

4. masuk dalam kehidupan anak 

terkadang kita sebagai orang tua tidak dapat memahami kemampaun anak, alasannya adalah karena kita hanya memandang dari cara pandang kita sebagai orang tua. alangkah baiknya kita mencoba menyatu dalam kehidupan anak, kita rasakan dunia anak yang memang dunia bermain.

sering kali kita marah saat anak bermain terus-terusan sementara mereka belum belajar, tetapi bayangkan jika kita bertukar posisi dengan mereka yang tentunya juga merasakan hal yang sama ketika keinginan mereka untuk bermain dihalangi orang tua dengan menyuruh belajar. 

inilah pentingnya mengapa kita perlu masuk kedunia anak, agar kita tau dan kita dapat mengambil keputusan yang tepat padaanak untuk belajar.

5. mulai dari minat dan bakat

 temukan minat dan bakat yang ada dalam diri anak. setelah kita menemukan, kembangkan dan berikan motivasi kepada anak agar minat dan bakat dapat berkembang dengan baik. ini dapat kita lakukan misalnya dengan mendorong anak agar lebih semangat belajar pada hal yang disukai anak sesuai denga minat dan bakat anak.

6. beri dukungan kepada anak

jika kita menginginkan anak kita berprestasi atau sukses dalam bidang tertentu, kita harus memberikan dukungan kepada anak. memberikan dukungan tidak hanya memasukkan dalam lembaga pendidikan yang terbaik, tetapi percayakan anak dalam melakukan sesuatu karena dukungan secara moril merupakan hal yang utama dalam anak dalam mengejar apa yang diinginkannya.

7. berikan apresiasi

sekecil apapun prestasi yang diperoleh anak harus ita apresiasi. dengan apresiasi yang kita berika terhadap anak, meka akan tau bahwa kita orang tua menghargai apa yang mereka lakukan sehingga mereka akan lebih semangat lagi dalam mengejar prestasi dirinya.


demikian beberapa kiat orang tua dalam menumbuhkan motivasi anak. semoga anak-anak kita tumbuh menjadi anak yang memiliki motivasi dalam mengejar cita-cita dan prestasinya. amiin..

Belum ada Komentar untuk "7 CARA MENUMBUHKAN MOTIVASI BELAJAR ANAK"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel