MANFAAT AIR BUAH MENGKUDU UNTUK KESEHATAN

 MANFAAT AIR BUAH MENGKUDU



Mengkudu banyak kita jumpai di Indonesia. buah mengkudu memiliki ukuran sekepalan tangan, berwarna hijau dan kuning jika sudah masak, mengkudu memiliki bau tidak enak yang khas, walaupun memiliki bau yang tidak sedap mengkudu juga memiliki banyak manfaat yang berguna bagi tubuh kita.

Masyarakat kita sudah menggunakan mengkudu sebagai obat tradisional sejak ratusan tahun. Biasanya dengan cara direbus untuk diambil airnya buah mengkudu dikonsumsi sebagai obat seperti infeksi, sembelit dan nyeri.

Banyak manfaat yang terkandung dalam buah mengkudu, berikut manfaat rebusan mengkudu untuk kesehatan

1. Mengandung Antioksidan

Manfaat yang terkandung dalam buah mengkudu yang pertama adalah mengandung antioksidan yang tinggi. antioksidan dapat mencegah kerusaan sel sel tubuh akibat dari radikal bebas.


2. Mengurangi Kerusakan Sel

Air buah mengkudu dapat membantu mengurangi kerusakan sel yang diakibatkan oleh asap rokok. asap rokok menghasilkan radikal bebas yang berbahaya, apabila jumlahnya berlebihan akan menyebabkan kerusakan sel dan stres oksidatif

Stres oksidatif sering dikaitkan dengan berbagai penyakit misalnya penyakit jantung, diabetes dan kanker. Dengan mengkonsumsi makanan yang kaya akan antioksidan maka akan mengurangi stres oksidatif.

3. Menunjang kesehatan jantung

Mengkonsumsi air buah mengkudu dapat mendukung kesehatan jantung dengan menurunkan kadar kolesterol dan peradangan.

Kolesterol sebenarnya memiliki banyak fungsi penting bagi tubuh, tetapi ada jenis kolesterol yang berlebihan akan menjadikan resiko penyakit jantung yang biasa disebut dengan kolesterol jahat. dengan mengkonsumsi makanan yang banyak mengandung antioksidan akan membantu menjaga kesehatan jantung kita dari pengaruh kolesterol jahat.

4. Menjaga daya tahan tubuh

Mengkonsumsi air rebusan buah mengkudu dapat meningkatkan daya tahan tubuh, dianjurkan bagi yang melakukan pekerjaan fisik, atau memerlukan tenaga yang ekstra untuk mengkonsumsi mengkudu agar daya tahan fisik tetap terjaga. kandungan antioksidan dapat mengurangi kerusakan jaringan otot yang dapat terjadi pada saat melakukan kegiatan berat.

  5. Meredakan nyeri

Manfaat rebusan buah mengkudu selanjutnya adalah membantu meredakan nyeri. sejak jaman dulu nenekmoyang kita sudah banyak mengkonsumsi mengkudu untuk berbagai macam penyakit, termasuk meredakan nyeri ini.

6. Meningkatkan kekebaklan tubuh

Manfaat rebusan air buah mengkudu selanjutnya adalah meningkatkan kekeban tubuh. buah menhgkudu juga mengandung vitamin C, vitamin C ini yang mendukung sel-sel kita dari kerusakan yang disebabkan radikal bebas dan racun

Begitu banyak manfaat air buah mengkudu yang berguna bagi tubuh kita, semoga bermanfaat dan semoga kita diberikan kesehatan Aamin,


Belum ada Komentar untuk "MANFAAT AIR BUAH MENGKUDU UNTUK KESEHATAN"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel