6 CARA MUDAH BELAJAR MENGHAFAL PELAJARAN

 6 CARA MUDAH BELAJAR MENGHAFAL PELAJARAN 



Pelajara yang diberikan bapak/ibu guru disekolah kadang perlu dihafalkan, agar kita mudah dalam memahami materi. apalagi jika menyangkut rumus-rumus atau bahkan nama-nama penting dalam matapelajaran sejarah. tetapi terkadang banyak diantara kita kesulitan dalam menghafalkan pokok-pokok penting dari materi yang dipelajari.sehingga materi-materi pelajaran kurang dipahami dengan baik.

Ternyata dalam menghafal ada rumus-rumus jitu agar kita mudah belajar dalam menghafal pelajaran. coba praktekkan cara mudah belajar menghafal pelajaran berikut, isyaalah akan lebih efektif dalam meghafal .


Cara Mudah Menghafal Pelajaran

1. Konsentrasi

Untuk mengndapatkan kensentrasi kita harus menjauhkan benda-benda yang dapat mengganggu konsentrasi dari dekat kita. Misalnya HP, tablet dan segala macam benda yang dapat mengganggu konsentrasi.

Untuk lebih fokus konsentrasi dalam belajar, kita juga harus mencari tempat yang kondusif, hidari kita belajar didekat televisi karena dapat mengganggu konsentrasi. Cari ruang tersendiri agar konsentrasi tidak terganggu, misalnya kamar  belajar atau ruang belajar.

2. Gaya Belajar

Setiap anak memiliki kemampuan yang tidak sama dalam memahami materi yang dipelajari. Kenali kemampuan kita dalam memahami materi, apakah tergolong mendengarkan (auditori), melihat (visual), atau gerakan tubuh (kinestetik). itu akan menjadikan mudah dalam menghafalkan pelajaran.

3. Buat Ringkasan

Tulis apa yang penting-penting dalam sebuah materi pelajaran, buat ringkasan dari materi yang dipelajari, misalnya tulis kata-kata penting setelah itu ingat-ingat kata-kata yang berhubungan dengan kata yang kita tulis, setelah itu beritanda hubung yang dapat memperudah kita dalam menghafal.

4. Buat Singkatan

MasVenusBakulMoriYenSidoArepNandi dapat menjadi singkatan (Merkurius-Venus-Bumi-Mars-Jupiter-Saturnus-Uranus-Nepturnus) atau kita dapat membuat singkatan lain yang lebih dapat kita ingat.

Singkatan akan dapat lebih memudahkan kita dalam menghafal. Selain singkat kata-kata yang kita ambil merupakan huruf huruf dari kalimat yang akan kita hafalkan sehingga lebih simpel dan mudah

5. Amati dan Bayangkan

amati dulu materi yang kita pelajarai, cari kata-kata kunci dari materi bayangkan kata-kata kunci itu dalam fikiran kita setelah kita hafal kata kunci maka kalimat selanjutnya akan lebih muah kita hafalkan.

6. Lakukan Ulangi

Hal yang perlu kita lakukan juga dalam menghafal adalah keistiqomahan kita dalam mengulang hafalan. ibarat sebilah pisau, jika pisau kita asah berulang-ulang pasti akan tajam. Begitu juga dengan hafalan, jika kita rajin dalam mengulang makan hafalan kita akan tetap tejaga hafalannya.

Itu tadi 6 cara belajar mudah dalam menghafal pelajaran. mari kita praktekkan dalam upaya kita memahami seuah materi pembelajaran. semoga dapat bermanfaat amiin.


Belum ada Komentar untuk "6 CARA MUDAH BELAJAR MENGHAFAL PELAJARAN"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel