MANFAAT PEMBELAJARAN DARING PADA SAAT PANDEMI

 MANFAAT PEMBELAJARAN DARING PADA SAAT PANDEMI


Sudah lebih dari satu setengah tahun pendidikan dinegara kita delaksanakan secara daring atau jarak jauh. Pembelajaran daring ini menjadi salah satu alternatif untuk tetap melaksanakan proses pembelajaran dalam rangka memutus mata rantai penyebaran virus covid 19. Terdapat banyak manfaat dari pembelajaran daring yang dilakukan misalnya dari segi penyampaian yang lebih atraktif sehingga dapat menumbuhkan minat belajar anak.


Arti Pembelajaran Daring ?

Pembelajaran daring merupakan proses kegiatan belajar mengajar yang dilakukan jarak jauh dengan memanfaatkan teknologi internet dan media digital dalam penyampaianya. Pembelajaran daring dianggap lebih dekat dengan generasi sekarang ini yang tidak dapat lepas dari produk-produk dan teknologi. Ini juga merupakan digitalisasi dalam dunia pendidikan yang memiliki banyak manfaat.


6 Manfaat Pembelajaran Pecara Daring 

1. Praktis

Dengan dilaksanakannya pembelajaran secara daring proses interaksi antara guru dan siswa dapat lebih praktis tanpa harus menempuh perjalanan untuk bertemu. Pembelajaran dapat dilakukan dimanapun dan dalam situasi apapun selagi kondusif dan dapat membantu untuk fokus dalam pembelajaran. Selain itu pembelajaran daring juga tidak membutuhkan kewajiban untuk berpakaian secara formal dalam pelaksanaannya sehingga lebih santai.

2. Pemanfaatan Teknologi Maju

Pembelajaran daring memanfaatkan pendekatan teknologi yang dirasa lebih sesuai dengan gaya anak-anak sekarang ini yang sudah serba digital. Diharapkan ini dapat menambah motivasi belajar anak.

3. Pembelajaran Menyenangkan

Pembelajan daring tidak lagi menggunakan papan dan spidol, sebagai gantinya menggunakan foto, audio dan video yang tentunya lebih menarik dan akan memberikan pengalaman belajar yang menyenangkan

4. Hemat Waktu

Dalam pembelajaran konvensional setiap pergantian jam tidak dapat langsung memberikan materi dikarenakan butuh menempuh waktu lagi untuk mencapai kelas yang digunakan untuk kegiatan belaja. tetapi dalam pembelajaran daring guru dan siswa tinggal memasukkan alamat yang dimaksud dan segera dapat bergabung dalam kegiatan pembelajaran.

5. Ramah Lingkungan

Dengan berkurangnya mobilitas kendaraan yang digunakan secara tidak langsung mengurangai posusi udara yang dihasilkan dari kendaraan bermotor yang kita gunakan. dalam proses pembelajaran pun sudah tidak lagi menggunakan kertas-kertas dan lainnya sehingga mengurangi sampah lingkungan  yang ada disekitar kita.

6. Pengurangan Aktivitas Diluar

Pada pasa pandemi sekarang ini kita diharuskan untuk mengurangi aktivitas diluar rumah, begitu juga dengan pembelajaran tatap muka didalam kelas dengan sosial distancing, ini bertujuan untuk memutus mata rantai penyebaran virus covid 19. Pembelajaran daring kitalaksanakan ini untuk mengatasi bagaimana pembelajaran tetap dapat berlangsung walaupun masih dalam masa pandemi.


Masalah virus covid 19 bukan hanya melanda negara kita tercita Indonesia saja, melainkan seluruh dunia sedang dihadapkan dengan masalah yang sama yakni memerangi virus covid 19. Pembelajaran daring dilaksanakan untuk melindungi generasi penerus bangsa agar tidak terjangkit virus covid 19 dan dalam rangka memutus penyebaran virus covid 19. Semoga pandemi ini segera berakhir dan kita dapt hidup secara normal lagi.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Contoh Soal Mabadhi Fiqih juz 2 bab Hukum Islam dan Sholat

CONTOH SOAL ALALA KELAS 3 MI SEMESTER 1

Contoh Soal - Soal Ujian Madrasah MI Tahun 2022