BAGAIMANA TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI PADA DUNIA PENDIDIKAN





Teknologi informasi dan komunikasi tidak asing lagi bagi masyarakat saat ini. semua lini kehidupan sekarang ini tidak lepas dari teknoligi informasi dan komunikasi, seperti penggunaan gadged, televisi, radio atau yang lainnya.

Pada saat ini banyak kegiatan-kegiatan yang tidak dapat meninggalkan teknologi informasi dan komunikasi khususnya dalam hal pemrosesan, manipulasi, pengolahan dan pemindahan suatu informasi.

Hadirnya teknologi informasi dan komunikasi memberikan pengaruh positif dan negatif terhadap penggunanya. pada kesempatan kali ini kita akan membahas pengaruh teknologi informasi dan komunikasi di dunia pendidikan yang mana pendidikan merupakan suatu dasar pondasi pada suatu negara yang maju. 

Dampak Positif  Teknologi Informasi Dan Komunikasi di Dunia Pendidikan:


1. Media Belajar Darring


Dalam menghindari penyebaran dan dalm rangka memutus rantai penyebaran virus covid 19 pada masa pandemi saat ini tidak memungkinkan untuk belajar tatap muka, apalagi pada sekolah yang berada dilokasi yang berstatus zona merah. sesuai anjuaran pemerintah pembelajaran saat pandemi covid 19 saat ini pembelajaran dilakukan secara darring yang tidak mungkin lepas dari penggunaan teknologi informasi dan komunikasi. bukan hanya disekolah, kegiatan pelatihan atau forum kependidikan juga banyak dilakukan melalui teknologi informasi dan komunikasi, dapat berupa web-web atau aplikasi yang terdapat pada dunia internet.

2. Sumber Bahan Ajar

Jika pada jaman dulu sumberbelajar hanya kita dapat melalui buku saja, pada saat ini sumber belajar dapt kita dapat dari berbagai sumber dengan adanya teknologi informasi dan komunikasi, banyak referensi-referensi yang disediakan internet yang bersumber dari berbagai belahan dunia. ini dapat mempermudah kita sebagai pendidik untuk dijadikan rujukan kita dalam penyampaian materi pada peserta didik.

3. Sarana dan Prasarana

penyampaian materi pembelajaran saat ini sering kita menggunakan teknologi informasi dan komunikasi, bahkan ada yang tidak lepas dari itu agar materi pembelajaran yang kita sampaikan dapat dengan mudah dipahami oleh peserta didik, misalnya penggunaan LCD proyektor yang dapt menampilkan video, foto, suara dan yang lainnya sehingga guru dapat dengan mudah menjelaskan materi pembelajaran dan peserta didik dapat dengan mudah memahami materi pembelajaran yang disampaikan.

Dampak Negatif  Tenologi Informasi Dan Komunikasi Dalam Dunia Pendidikan


  1. Menumbuhkan Rasa Malas

Kemajuan tenologi informasi dan komunikasi mejadikan semakin mudahnya akses informasi apapun. setiap membutuhkan informasi terkait materi pembelajaran kita tinggal ketik key word pada  kolom pencarian maka seketika akan dimunculkan berbagai macam informasi yang terdeteksi dari key word yang dicari. Tetapi  teknologi informasi dan komunikasi dalam dunia pendidikan kadang kala menjadikan rasa malas bagi kita untuk menulis sehingga keterampilan menulis kita tidak dapat berkembang.

2. Potensi Kebocoran Informasi

kemajuan teknologi informasi dan komunikasi sekarang ini mempermudah kita dalam perolehan, pengolahan, serta pengiriman data dapat dilakukan melalui internet dengan mudah. kemajuan teknologi dan komunikasi dalam dunia pendidikan selain mempunyai dampak negatif tingkat kebocoran informasi sangat tinggi, yang dapat disalahgunakan oleh orang-orang tidak bertanggungjawab.

3. Maraknya Plagiatisme

Dengan semakin mudahnya orang mengakses informasi semakin mudah pula para plagiatis dalam melakukan kecurangan. 


Demikian kegunaan teknologi informasi dan komunikasi yang dipergunakan dalam dunia pendidikan. sebuah teknologi akan berpengaruh positif jika digunakan untuk kebaikan, dan sebaliknya teknologi akan berpengaruh negatif jika dipergunakan untuk hal-hal yang menyalahi aturan atau norma yang berlaku. Pada intinya semua kembali pada pribadi individu masing-masing, apakah memiliki pribadi yang bertanggung jawab atau tidak bertanggung jawab.

2 Komentar untuk "BAGAIMANA TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI PADA DUNIA PENDIDIKAN"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel