APA HAK ANAK PADA USIA DINI

 APA HAK ANAK PADA USIA DINI



Sebuah anugrah yang selalu dinantikan oleh pasangan suami isteri adah hadirnya seorang anak diantara mereka. Sebuah anugrah yang membutuhkan tanggung jawab yang harus kita emban tentang bagaimana cara kita mendidik, bagaimana cara kita merawat dan bagaimana cara kita memberikan perlindungan terhadap anak-anak kita. Banyak diantara kita masih belum mengerti bagaimana cara mejalankan kewajiban kita dalam memenuhi hak-hak anak terutama pada usia dini. pada kesempatan kali ini saya akan mengulas beberapa hak anak dari orang tua yang terkadang belum terpenuhi dari keluarga.


Hak - Kak Anak Usia Dini

1. Dilahirkan Dengan Selamat

Sering kali kita melihat berita di televisi banyak terjadi pengguguran kandungan. ini sangat miris sekali, disaat banyak orang yang ingin memiliki anak dengan berbagai macam cara dan pengobatan disisi lain ada orang yang menyianyiakan anak dengan cara mengaborsi kandungannya, bahkan ada yang tega membuang anak yang baru dilahirkan di sungai atau yang lainnya, naudzubilah tsuma naudzubillah. tentunya ini bententangan dengan hak anak untuk dilahirkan dengan selamat dan mendapatkan kehidupan.


2. Mendapatakan Nama Yang Baik

Terkadang orang berkata, apalah arti dari sebuah nama. sebetulnya sebuah nama sangatlah berarti bagi anak, karena nama merupakan identitas bagi anak dan karena nama adalah doa. jangan sampai dalam memberika nama yang asal pada anak menjadikan bahan olok-olokan bagi teman-teman nya kelak. jangan sampai pula kita memberikan nama secara asal sehingga dari segi makna menjadi salah, karena nama adalah sebuah doa. Pada saat memberikan nama kepada anak disaat itulah kita memberika doa yang akan selalu mengalir dan memberikan energi positif terhadap anak.


3. Hidup Dalam Keadaan Aman

Dibutuhkan lingkungan aman dan nyaman agar anak dapat tumbuh dan berkembang dengan baik. Perasaan aman akan menjadi faktor penting bagi anak dalam rangka menuhkan bakat dan kemampuan anak. olehkarena itu, hak anak ini harus kita penuhi agar anak dapat berkembang dengan baik.


4. Mendapatkan Makanan

Termasuh hak anak sejak dini adalah mendapatkan makanan yang cukup. Umur 0 - 2 tahun anak berhak mendapatkan air susu ibu. Jangan karena kesibukan orang tua anak tidak mendapatkan haknya dengan diberikan susu formula. Sejatinya air susu ibu itu lebih bagus dari susu formula apapun.

5. Mendapat Jaminan Kesehatan

  sudah menjadi kewajiban orang tua dalam menjadikan kesehatan menjadi prioritas pertama. kesehatan menjadi pokok dari semua kebutuhan, oleh karena itu kita sebagai orang tua harus memenuhi hak anak sejak dini dalam hal kesehatan agar anak dapat tumbuh normal dan sempurna.

6. Kesempatan Bermain dan Bebas dari Kekerasan

Sering kita jumpai di jalan-jalan anak seusia balita diajak orang tua mengemis dijalanan. Tanpa peduli panasnya terik matahari anak di ajak meminta-minta. Bahkan kadang kita melihat diberita televisi anak dieskploitasi untuk bekerja untuk mencari uang dengan menjadi pengamen, tukang asong atau pengemis. Sebetulnya anak tidak ingin melakukan hal itu, tetapi denga ancaman kekerasan menjadikan anak patuh dengan perintah itu. Bermain adalah dunia anak, jangan kita merampasnya karena melalui bermainlah mereka belajar untuk memahami sesuatu dan memalui bermainlah mereka belajar melakukan sesuatu.

7. Mendapatkan Pendidikan

Manusia tanpa adanya pendidikan tidak akan menjadi manusia seutuhnya. Didiklah anak-anak kita sejak dini agar dapat menjadi manusia seutuhnya. Melalui pendidikan anak akan mengerti mana yang baik dan mana yang buruk, dengan pendidikan anak akan tau norma dan aturan yang harus dijalanai sebagai mahluk sosial. Karenanya berikanlah pendidikan sebaikmungkin karena itu merupakan hak anak dari orang tua yang harus kita penuhi.


 

Anak adalah masa depan kita disaat kita tua.

Anak adalah penopang kita disaat kita renta.

Anak adalah penunjuk arah disaat usia kita senja

Disaat anak kita rawat dengan sebaik-baiknya, suatu saat nanti anak akan merawat kita dengan sebaik-baik mereka rawat. Anak adalah sebuah titipan dari Allah SWT yang harus kita jaga sebaik-baiknya. 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Contoh Soal Mabadhi Fiqih juz 2 bab Hukum Islam dan Sholat

CONTOH SOAL ALALA KELAS 3 MI SEMESTER 1

Contoh Soal - Soal Ujian Madrasah MI Tahun 2022