Peran guru dimasa pandemi dalam pelaksanaan pembelajaran





Pandemi covid 19 di Indonesia masih belum berakhir, data-data jumlah orang yang terinveksi virus covid 19 masih terus mengalami terus bertambah, hal ini mempengaruhi terhadap semua aktivitas yang kita lakukan akibat dari pembatasan-pembatasan yang dilakukan dalam usaha memutus rantai penyebaran virus covid 19. Disini peran guru sangatlah penting dalam menyusun media pembelajaran agar pembelajaran yang kita lakukan tidak menjadi klaster penyebaran virus covid 19

Berikut beberapa peran guru dalam membuat media pembelajaran bagi wilayah yang tergolong zana hijau dan zona merah agar pembelajaran dapat berjalan dengan lancar dan kesehatan tetap terjaga

Wilayah zona hijau

Pilihlah media pembelajaran yang tidak banyak interaksi antar siswa

Dalam pelaksanaan pembelajaran peran guru  sangatlah penting, karena sebuah pembelajaran dapat berhasil tidak lepas dari media pembelajaran yang kita gunakan. Dengan media pembelajaran penyampaian materi pembelajaran dapat dengan mudah dimengerti oleh peserta didik. Dalam masa pandemi sekarang ini usahakan kita mengunakan media pembelajaran yang menuntut siswa untuk berinteraksi dengan siswa lainnya, ini bertujuan agar potensi penyebaran virus covid 19 dapat kita minimalisir penyebarannya karena kita tidak tahu apakah peserta didik kita ada yang terinveksi virus covid 19 atau tidak.

Masukkan point-point penting tentang virus covid 19

Dalam melakukan pembelajaran tatap muka dimasa pandemi sekarang ini sangat penting peserta didik dikenalkan atau diberikan pemahaman tentang virus covid 19, bahaya yang disebapkan dari virus covid 19 dan bagaimana pencegahannya agar terhindar dari inveksi virus covid 19. Peserta didik lebih cenderung percaya dan nurut dengan kata-kata bapak atau Ibu guru dari pada apa yang disampaikan orang tua meraka terlebih pada peserta didik pada jenjang RA/TK, SD/MI. Disini peran guru penting dalam mengenalkan apa itu virus covid 19, apa dampak dari virus covid 19 dan bagaimana pencegahannya. Dengan begitu peserta didik akan peduli dengan kesehatannya dan selalu mematuhi protokol kesehatan sehingga pandemi virus covid 19 dapat segera berakhir.

Wilayah zona merah

Pemilihan model pembelajaran

sesuai anjuran pemerintah bahwa dalam pembelajaran didaerah yang berstasus zona merah pembelajaran dilakukan harus dengan daring, artinya kita memberikan materi terhadap peserta didik tanpa bertatap muka. peserta didik mendapat materi melalui web, link atau media sosial yang digunakan oleh setiap sekolah atau guru. karena peserta didik tidak dapat terpantau oleh guru, disini peran guru penting agar peserta didik dapat mengiukuti pembelajaran dengan baik dan tuntas. seperti halnya pemilihan model pembelajaran yang menuntut peserta didik aktif bertanya atau hanya menyimak jalannya pembelajaran sampai selesai. 

Pemberian tugas diakhir pembelajaran

peran guru yang tidak kalah pentingnya adalah pemberian  tugas diakhir pembelajaran disini penting diberikan agar peserta didik mempunyai motivasi untuk mengikuti pembelajaran samapai selesai. minimal peserta didik akan mempunyai keyakinan jika tidak mengumpulkan tugas maka akan berpengaruh pada nilai mereka, sehingga peserta didik akan mengikuti pembelajaran agar dapat mengerjakan tugas yang diberikan bapak/ibu guru.

demikian peran guru yang dalam pembelajan dimasa pandemi, semoga dapat bermanfaat dan dapat membantu teman-teman guru dalam melakukan pembelajaran dimasa pandemi seperti sekarang ini. semoga dapat menjadi bermanfaat bagi kita semua Aamiin.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Contoh Soal Mabadhi Fiqih juz 2 bab Hukum Islam dan Sholat

CONTOH SOAL ALALA KELAS 3 MI SEMESTER 1

Contoh Soal - Soal Ujian Madrasah MI Tahun 2022