MENGETAHUI KECERDASAN ANAK

 MENGETAHUI KECERDASAN ANAK



Kecerdasan seorang anak sering hanya diukur bagaimana nilai yang didapat pada saat mengerjakan ujian. padahal kecerdasan anak ini akan mencangkup beberapa aspek dalam kehidupan sehari-hari.

Secara umum bentuk kecerdasan terbagi menjadi sembilan bentuk, yaitu kecerdasan musikal, naturalis, linguistik, interpesonal, intrapersonal, visual spasial, logika matematika, kinestetik dan kecerdasan moral.

Kecerdasan berkaitan dengan sekumpulan kemampuan khas yang dimiliki seseorang. setiap orang juga mempunyai cara sendiri yang disukai dalam melakukan kemampuan telektualitas tersebut, oleh sebab itu, setiap orang tidak dapat disamakan. jadi untuk mengetahui kecerdasan anak tidak dapat hanya dilihat dari nilai rapor yang didapat. bisa juga anak mempunyai kecerdasan pada aspek lain yang lebih tinggi dan perlu dikembangkan oleh orang tua.

Jadi jangan hanya kurang pengetauan yang kita miliki menjadi penyebab kecerdasan anak menjadi terbatas, karena pada dasarnya anak mepunyai banyak potensi yang dapat dikembangkan. Berikut trik menstimulasi yang harus diketahui orang tua agar makna kecerdasan anak tidak terhambat.


ASPEK KECERDASAN ANAK MELIPUTI KECERDASAN


1. bahasa

Berkaitan dalam kemampuan berbahasa, tata bahasa, mengolah  kata serta mengungkapkan sesuatu kedalam tulisan. cara pengembangannya adalah dengan diajak bernyanyi, ngobrol dan bemain kata-kata.

2. Logika

Kecerdasan logika ini meliputi kemampuan dalam berfikir logis, memahami sebab akibat, menyukai teka-teki, serta menyukai angka-angka. solusi pengembangannya adalah dengan mengenalkan konsep cara-cara berhitung, ajak anak melakukan permainan strategi, dan ajak melakukan percobaan-percobaan sederhana.

3. Visual dan spasial

Berkaitan dalam mengenali objek dan bentuk, pola, posisi dan mempu berfikir kreatif. untuk mengembangkannya ajak anak latihan menggambar, membuat sebuah karya, mengajarkan arah, dan kenalkan berbagai motif.

4. Kinestetik

Kecerdasan kenesetik erat kaitannya dengan gerak tubuh anak. anak yang memiliki kecerdasan kinestetik biasanya menyukai kegiatan fisik, misalnya berlari atau yang lainya. untuk mengembangkannya ajak anak untuk melakukan kegiatan fisik misalnya berlari, menari, latihan keseimbangan tubuh atau menirukan gerakan tubuh.

5. Musikal

Kecerdasan ini meliputi kepekaan terhadap nada, mudah meghafal irama dan lagu dan sunya menanyi. ajak anak untuk bermain alat musik dan bernyanyi agar perkembangan musikalnya meningkat.

6. Interpersonal

Meliputi kemampuan dalam berinteraksi dengan orang lain, mudah bergaul, dan nyaman dalam keberadaan ditengah-tengah kelompok. agar anak berkembang ajak anak beraktifitas dengan orang-orang baru, berikan kesempatan anak berinteraksi dengan orang lain. seta latih anak untuk bekerjasama dengan orang sekitar.

7. Intrapersonal

Anak mampu mengenali dirinya, mengungkapkan perasaan, percaya diri, dan dapat mengungkapkan apa yang disukai dan apa yang tidak. untuk mengembangkannya dengan melatih anak tekun dan bertanggung jawab serta percayakan anak denga tugas-tugas tertentu.

8. Naturalis

Anak memiliki kecerdasan ini biasanya tertarik dalam mempelajari terhadap alam, lingkungan, hewan, tumbuhan dan angkasa luar. untuk pengembangannya, ajarkan anak dalam merawat hewan, tumbuhan dan berikan wawasan alam sekitar.

9. Moral

Kemampuan dalam memahami aturan-aturan yang berlaku, dan tata cara berprilaku terhadap orang lain.agar dapat berkembang, kenalkan anak dengan norma dan aturan yang berlaku dilingkungan sekitar, serta berikan cerita-cerita yang didalamnya memiliki pesan moral untuk dijadikan pelajaran.

setiap kecerdasan membutuhkan cara belajar yang berbeda-beda agar mendapatkan hasil yang sempurna. dengan mengetahui jenis kecerdasan anak, maka kita dapat menentukan cara belajar anak yang bervariasi menurut kecerdasan anak yang dimiliki. pastikan juga nutrisi yang diberikan kepada anak tercukupi agar kecerdasan anak dapat berkembang secara optimal.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Contoh Soal Mabadhi Fiqih juz 2 bab Hukum Islam dan Sholat

CONTOH SOAL ALALA KELAS 3 MI SEMESTER 1

Contoh Soal - Soal Ujian Madrasah MI Tahun 2022