3 cara agar anak hormat terhadap orang tua


Kita semua pasti ingin memiliki anak yang hormat terhadap orangtua. Betapa tidak, anak akan menjadi penopang kita pada saat masa renta, dan bankan menjadi penolong kita diakhirat nanti. Untuk itu kita harus mendidik putra putri kita agar dapat menjadi putra putri yang senantiasa hormat terhadap orang tua. Berikut kami jabarkan 3 tips mendidk anak agar hormat terhadap orang tua


1. Hormati anak kita seperti menghormati orang dewasa

Terkadang anak-anak mempunyai rasa iri jika terhapap orang dewasa kita hormat dan santun, tetapi jika pada anak-anak sikap kita kurang hormat, biasanya mereka akan protes mengapa ia tidak diberikan penghormatan seperti orang dewasa. maka dari itu Berikan penghormatan putra putri kita sepertihalnya penghormatan terhadap orang dewasa. dengan begitu anak akan merasa bahwa ia dihormati sepertihalnya orang dewasa. sehingga mereka akan meniru dalam hal kita menghormati orang dewasa dan menghormati orang tua.

2. Apa yang menjadi hak anak harus kita hormati

Setiap orang mempunyai hak yang harus kita hormati, begitu juga seorang anak, meraka juga mempunyai hak yang harus kita hormati. Seringkali anak akan bertanya tentang apa yang mereka lihat atau dengar, pertanyaan mereka muncul dari rasa penasaran anak terhadap sesuatu. Kita harus menjawab pertanyaan mereka jawaban, karena mereka mempunyai hak untuk bertanya dan jawaban yang kita berikan haruslah disesuaikan dengan bahasa dan perkembangan psikologis anak agar meraka dapat mengerti apa yang kita sampaikan. Dengan menghormati hak-hak anak, ini akan memberikan pelajaran terhadap mereka bahwa setiap orang mempunyai hak yang harus dihormati oleh orang lain.

3. Terapkan prilaku hormat kepada oranglain

Kepada orang lain hendaklah kita hormat, apalagi jika didepan anak-anak kita, karena mereka akan meniru apa yang kita contohkan. Disadari atau tidak kita telah memberikan contoh perbuatan kita terhadap anak, maka dari itu berhati-hatilah kita dalam bersikap karena Anak adalah peniru yang ulung. Jika anak melihat kita senantiasa menerapkan prilaku hormat tehadap orang lain, maka anak juga belajar dari sikap kita kepada orang lain.

Demikian kiat 3 tips agar anak hormat terhadap orang tua. Berilah contoh anak-anak kita prilaku yang sesuai dengan aturan dan norma-norma yang ada, Semoga putra putri kita menjadi putra putri yang sholeh sholihah aamiin.... 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Contoh Soal Mabadhi Fiqih juz 2 bab Hukum Islam dan Sholat

CONTOH SOAL ALALA KELAS 3 MI SEMESTER 1

Contoh Soal - Soal Ujian Madrasah MI Tahun 2022