10 CARA MENUMBUHKAN KEPRIBADIAN ANAK

 





Pada masa sekarang ini seringkali kita lihat anak-anak  mempunyai kepribadian Anak atau sifat yang tidak mencerminkan prilaku anak-anak sebagaimana mestinya. Mulai dari yang terkecil, anak-anak lebih mengenal lagu-lagu orang dewasa yang bertemakan percintaan, perilaku anak yang kurang sopan terhadap sesama teman dan orang yang lebih tua, bahkan terdapat juga anak-anak yang terjerat dalam dunia kriminal (naudzubillah tsumma naudzubillah). Hal ini menjadikan pertanyaan penting bagi kita bagaimana  generasi muda penerus bangsa mengalami kemerosotan akhlak, apakah pola pendidikan pada anak yang kurang tepat, pergaulan anak yang kurang terpantau atau kemajuan teknologi sekarang ini yang dapat dengan mudah diakses anak tanpa penyaringan orang tua ?. Dalam hal ini kami akan membahas pada pola didik orang tua terhadap anak

Seringkali sebagian orang tua menganggap bahwa cara mendidik anak dengan keras akan menjadikan karakter anak yang kuat, tetapi banyak anak-anak yang pola pendidikan dalam keluarga keras menjadikan anak mempunyai rasa dendam yang pelampiasannya terhadap adik, teman ataupun orang lain di sekitarnya. Berikut kami jabarkan cara menumbuhkan kepribadian anak mengutip dari puisi Dorothy Nolte.

10 Cara Menumbuhkan Kepribadian Anak

1. Jangan dicela

Jangan sampai anak-anak kita di kelilingi dengan celaan, agar anak-anak kita tidak tumbuh menjadi pribadi yang suka memaki. Ini sangat berpengaruh sekali terhadap kepribadian anak, di saat anak mendapatkan celaan pada saat itu pula rasa percaya diri anak akan berkurang dan lama kelamaan anak tidak mempunyai rasa percaya diri dalam melakukan sesuatu dan juga anak akan mempunyai sifat buruk yang gemar mengeluarkan kata-kata kasar.

2. Jangan ditanamkan permusuhan

 Anak yang besar di lingkungan yang penuh dengan permusuhan maka ia akan tumbuh menjadi pribadi yang suka berkelahi. Kebanyakan anak-anak yang dibesarkan di keluarga yang mengalami broken home akan mempunyai sifat pemarah, bahkan suka berkelahi, ini disebabkan karena setiap anak mendengar atau melihat orang tua mereka bertengkar maka otak mereka akan merekam setiap perkataan atau prilaku yang ia lihat.

3. Hindari mencemooh anak

 Anak yang tumbuh dengan cemoohan akan menjadi pribadi yang rendah diri. Anak yang selalu dicemooh akan menjadi pribadi yang rendah diri, pendiam dan takut dalam melakukan sesuatu. Hal ini disebabkan setiap hasil kerja mereka selalu mendapatkan cemoohan, sehingga Mereka takut salah, takut dicemooh jika melakukan sesuatu.

4. Ajarkan toleransi

Anak yang tumbuh pada lingkungan yang bertoleransi maka akan tumbuh menjadi pribadi yang  dapat menahan diri. Berikan pengertian bahwa Setiap orang tidak akan lepas dari kesalahan, oleh karena itu sikap toleransi harus kita jaga, jangan malu untuk meminta maaf  jika kita melakukan kesalahan, hal ini mengajarkan kepada anak bahwa kita mempunyai kewajiban menghormati kepada orang lain dan orang lain pun mempunyai hak yang harus kita hormati. Dengan mengajarkan sikap toleransi seperti ini anak akan dapat menghormati orang yang ada disekitarnya.

5. Berikan motivasi dan dorongan

Berikan dorongan dan motifasi kepada anak maka anak akan tumbuh menjadi pribadi yang percaya diri. Berikan motivasi dan dorongan kepada anak, ini akan menumbuhkan rasa percaya diri dalam dirinya bahwa ia mampu untuk melakukan sesuatu.

6. Berikan pujian 

Berikan pujian terhadap anak setiap mereka melakukan hal baik, dengan begitu anak akan tumbuh sifat menghargai sesama. Pada saat mendapatkan pujian anak akan mengerti bahwa pekerjaan mereka dihargai orang lain, maka pada diri merka juga akan tertanam bahwa setiap orang mempunyai sesuatu untuk dihargai.

7. Perlakukan adan dengan sebaik-baiknya

Besarkanlah anak-anak kita dengan sebaik-baik perlakuan sehingga anak akan tumbuh menjadi pribadi yang adil. Anak kita kenalkan aturan-auran yang harus kita laksanakan dan larangan-larangan yang tidak boleh dilaksanakan serta anak juga kita berikan pemahaman apabila melaksanak ataupun melanggar ada konsukwensi yang akan kita terima, dengan begini anak akan mengerti bahwa adanya aturan dibuat untuk kebaikan. Dengan perlakuan ini dalam diri mereka akan tertanam bahwa agar setiap orang harus mentaati aturan agar tatakehidupan dapat teratur dan baik.

8. Berikan rasa aman

Berikan rasa aman terhadap anak, maka anak tumbuh menjadi pribadi yang dapat menaruh kepercayaan. Anak yang terbiasa dengan rasa aman dengan sekelilingnya maka ia akan mempunya sifat khusnudzon terhadap orang lain disekelilingnya, dengan begitu ia akan dapat menaruh kepercayaan dengan orang-orang disekitarnya.

9. Dukung anak jika melakukan hal terpuji

Berikan dukungan kepada anak-anak kita jika melakukan hal-hal terpuji, dengan begitu akan tumbuh rasa menyayangi dirinya. Anak yang terbiasa mendapatkan dukungan dari orangtua maka ia akan mengerti betapa orang-orang disekelilingnya menyayanginya, dengan begitu rasa cinta terhadap diri sendiri akan tertanam dalam hati.

10. Berikan kasih sayang dan rasa persahabatan

Besarkan anak-anak kita dengan rasa kasih sayang dan rasa persahabatan, maka akan tumbuh rasa cinta dalam kehidupan. Rasa kasihsayang dan persahabatan sangat diperlukan dalam pembentukan karakter anak, jika kasihsayang dan persahabatan didapat dalam proses pembentukan karakteranak, maka akan menjadika anak yang mempunyai cinta terhadap sesama, cinta terhadap lingkungan dan cinta akan perdamaian.

Demikian cara  menumbuhkan kepribadian anak berdasarkan puisi Dorothy Nolte, apabila dalam mendidik anak sesuai dengan atuaran maka anak-anak kita akan berkembang sesuai tingkat perkembangan psikologisnya, semoga kepribadian anak kita sesuai dengan ajran baginda Nabi Muhammad SAW, yang berkarakter dan menjadi putra putri yang sholeh shalihah, Aamiin.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Contoh Soal Mabadhi Fiqih juz 2 bab Hukum Islam dan Sholat

CONTOH SOAL ALALA KELAS 3 MI SEMESTER 1

Contoh Soal - Soal Ujian Madrasah MI Tahun 2022